Warung Bebas

Selasa, 02 November 2010

Blekko.com, Search Engine Baru Saingan Google

Persaingan search engine di dunia maya semakin ketat saja. Setelah beberapa saat yang lalu muncul Bing sebagai alternatif selain Google, pada tanggal 1 November 2010 telah dirilis search engine baru yang diberi nama Blekko.com. Dengan pendanaan sekitar 24 juta dollar AS serach engine yang dibangun sejak 3 tahun lalu ini mulai menggeliat.

Blekko mengklaim search engine ini didesain untuk mengeliminasi spam yang jamak muncul dalam hasil pencarian dengan memasang tanda slashtag atau garis miring dalam setiap kata pencarian. Misalnya saja /aikido, /beatles, /wow, /twilight maupun /zen. User juga bisa membikin slashtag untuk dicatat dalam topik yang nantinya terdaftar di Blekko, menjadi follower slashtag yang sudah tersedia, dan melihat statistik atas tulisan maupun data yang sudah di-crawl oleh Blekko. Tak hanya itu, Blekko juga mengidentifikasi berapa banyaknya tulisan atau data yang dobel alias terduplikasi.

Blekko memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi kolom di sebelah kiri sesuai dengan kebutuhan. Bahkan terbuka bagi pengguna untuk membikin slashtag. Hanya saja, tetap mensyaratkan untuk login terlebih dahulu.

Blekko telah diuji coba dengan 8.000 orang yang membikin 3.000 slashtag yang berbeda. Tak kurang dari 11 persen existing user kembali menyambangi Blekko saban minggunya.

CEO Blekko Rich Skrenta dan pendiri Blekko Mike Markson tak memiliki target yang muluk-muluk dalam waktu dekat. Namun, keduanya percaya, bila situs yang mereka bangun ini mendapat kunjungan satu hingga dua juta kunjungan saban hari maka akan mampu meraup untung. Anda ingin mencoba search engine baru ini ? Kunjungi di Blekko.com .(kompas)

0 komentar em “Blekko.com, Search Engine Baru Saingan Google”

Posting Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger