Warung Bebas

Sabtu, 22 Januari 2011

membuat web jadi terkenal

Seperti yang telah kami janjikan dan kami iming-imingkan pada artikel sebelumnya, maka dengan ini, ijinkanlah kami sebagai wakil dari kedua mempelai untuk berusaha menepati janji yang telah dengan berani kami berikan. Sebelum itu, kami mengucapkan ribuan terimakasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penulis ebook, yang mana dari ebook inilah maka kami bisa mengambil intisari dari akar permasalahan.
Namun karena tersangkut masalah perinjinan dan perundang-undangan, maka dengan sangat menyesal dan malu dan juga terpaksa kami tidak bisa menyebutkan judul dan penulis dari ebook tersebut. Hal ini semata-mata hanyalah untuk menghindari tuntutan, kutukan, cacian, makian, hinaan, dan juga siksa batin, yang bakal kami terima seandainya si penulis dan pihak penerbit mengetahuinya. Maka dengan itu, kita mulai saja mengulas, dan mengupas isi dari ebook tersebut.

Sebagaimana judul diatas, judul ebook ini rada-rada mirip dikit dengan judul artikel ini. Dari situ setidaknya kita bisa mendapatkan sedikit gambaran tentang apa yang ingin disajikan oleh si penulis. Terus terang, kami sendiri tidak kenal sipenulis ebook ini, baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi. Jadi kami tidak tahu pasti apakah tips-tips yang diberikannya ini adalah hasil dari pengalamannya pribadi, atau hasil dari pengalaman orang lain yang dengan atau tanpa ijin telah dikumpulkan, dicopy dan dan akhirnya dijadikan modal untuk mencari nafkah oleh si penulis ebook tersebut.

Tapi mengingat, dan menimbang kita yang begitu putus asa, dan ingin sekali nasib earning adsensenya berubah (ke arah yang lebih baik tentunya), maka dengan itu kita coba saja melihat, membaca, menganalisa, dan mempraktekkan tips-tips yang diberikannya. Baiklah, seperti juga ebook-ebook bajakan lainnya, maka dalam ebook ini setiap tips telah dibagi-bagi ke dalam beberapa section atau bagian. Yang mana setiap bagiannya akan membahas tips secara explisit maupun exploit. Berikut ini tips-tips yang terdapat dalam ebook tersebut:

Section 1: SEO Search Engine Optimization

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya (penulis itu membuka section ini dengan kalimat yang kira-kira kalo diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia maka bunyinya seperti itu) CTR atau Click Through Rate yang akan dikau dapat dari situs mu, dengan tanpa perduli program periklanan manapun yang dikau gunakan, akan sangat tergantung dari banyaknya jumlah pengunjung yang elo dapatkan.
Tak terkecuali dengan adsense, semakin banyak jumlah pengunjung mu, maka semakin besar pula kemungkinan jumlah pengunjung yang akan mengklik iklan adsense, atau iklan apapun yang koe tempatkan (logikanya seh geto). Nah… ape hubungannya dengan SEO? Konon… SEO adalah dalang atau tokoh intelektual yang bertanggung jawab dibalik setiap kejadian yang berakibat pada seberapa banyak, atau seberapa sedikitnya pengunjung yang koe dapatkan dari search engine. Ingat prinsip utama untuk meningkatkan earning? More visitor… more CTR… more earning. Emen.
Mendalami SEO berarti elo harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan situs atau blog mu, misalnya mengenai arsitektur dari situs, content, tingkat kepopuleran keyword yang dipilih, link yang mengacu ke situs atau blog mu, dan beberapa faktor lain yang akan berakibat pada meningkatnya rangking situs atau blog mu di search engine.
Dengan terus berusaha mengoptimalkan situsmu berdasarkan dan berlandaskan prinsip-prinsip dasar yang terdapat dalam kitab undang-undang per-SEO-an, maka dengan seiring waktu akan meningkatlah rangking dari situs mu, dan sebagai imbalannya… meningkat pulalah jumlah pengunjung mu, dengan harapan akan meningkat pulalah CTR mu, maka dari itu secara alami dan tanpa rekayasa… akan meningkat pula earning mu! Amin. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa elo pade amalin buat meningkatkan ke-SEO-an situs atawa blog lo pade.

Menyewa Jasa SEO Profesinal
Mempelajari SEO dengan segala aturan, rumus, perhitungan, teka-teki, dan kemisteriusannya, adalah hal yang cukup melelahkan dan menyita waktu. SEO adalah makhluk yang cukup menakutkan bagi mereka yang tidak menyukainya, namun SEO juga bisa menjadi sahabat yang sangat menyenangkan bagi mereka yang mengidolakannya.
Apapun anggapan dan prasangka lo terhadap SEO, namun elo kaga bakal bisa menghindar darinya (Inget kata pepatah… You Can Hide… But You Can’t Run), kalo elo kepengen situs atawa blog lo dapet pengungjung secara gratis dari search engine gratis. Gratis!!! jangan tertipu dan terlena dengan kata ini! Remember… No Pain No Gain… yang artinya… tiada hari tanpa belajar.
If… koe ga punya duit… tapi punya niat, semangat, kemauan, tekat, dan keinginan, dan juga waktu serta ga malu-malu… then gratis berarti elo bisa belajar sendiri dengan cara apapun yang sesuai dan cocok dengan kepribadian serta prinsip hidup lo! Misalnya, elo bisa belajar tentang SEO dengan cara membaca artikel-artikel dari situs-situs yang dibuat oleh para SEO profesional yang bertujuan untuk membantu orang-orang seperti elo, dan sekaligus tentunya bertujuan untuk unjuk kebolehan dan kemampuan, serta sekaligus untuk mempromosikan dirinya, keluarganya, dan para kroninya. Atau elo bisa belajar dari ebook-ebook, freereport, whitepapaer, atau produk-produk sejenis yang banyak ditawarkan dan diselundupkan di internet.
Else.. elo ga punya minat, ga punya niat, ga punya kemampuan, ga punya pengetahuan, dan terlebih ga punya waktu buat mempelajari dan mengamalkan hukum-hukum SEO pada situs atawa blog lo, tapi ada satu hal yang elo punya… yaitu duit. Dan karena elo lebih menghargai waktu lo ketimbang duit lo, then gratis mempunyai makna yaitu… lebih baik lo bayar orang untuk mengerjakan apa yang elo mau. Dengan begitu elo tetep bisa membuat dan mendapatkan sebuah situs atau blog yang patuh dan taat pada prinsip dan hukum-hukum SEO, yaitu dengan cara mencari, menyewa, dan membayar seorang SEO profesional.
Kalo lo masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan SEO profesional itu, maka begini kira-kira … SEO profesional itu adalah orang yang mengabdikan hidupnya, menyerahkan dan mengerahkan semua pengetahuan dan kemampuannya, hanya untuk SEO. Profesional SEO adalah mereka yang menjadikan SEO sebagai sawah dan ladang serta mata pencaharian utamanya. Singkatnya…. para Profesional SEO adalah mereka yang tahu benar bagaimana cara meng-SEO-kan situs, dan men-situs-kan SEO.

Persiapkan Situs atau Blog Mu
Berapa banyak traffic yang kau dapat perbulan? Dan dari sekian banyak traffic itu, berapa besar persentase jumlah pengunjung yang merupakan pelanggan tetap? Dan berapa besar persentase jumlah pengunjung yang merupakan pengunjung yang datang untuk pertama kalinya? Keyword apa yang dikau gunaken? Seberapa tinggi rangking situs atau blog mu di search engine untuk keyword tersebut? Seberapa banyak saingan mu yang juga menggunaken keyword pilihan hidup mu?
Menurut si penulis ebook tersebut, untuk sukses dengan adsense, maka harus dilakukan dengan selangkah demi selangkah. Setahap demi setahap, sesuap demi sesuap, atau yang sejenisnya. Semua aksi yang akan lo kerjakan terhadap situs atau blog lo, haruslah sudah direncanakan dan diprediksi, serta diperhitungkan sebelumnya. Konon… situs yang direncanakan dengan matang luar dalam, akan membuat langkah mu untuk menuju sukses menjadi lebih ringan. Seringan kapas, seputih melati, seharum mawar.
Semakin terorganisir situs atau blog mu, maka semakin baik dan besar pula kesempatan mu untuk sukses (itu kate si penulis ebook itu lho). Ingat! sukses yang ingin kau raih tidak akan terjadi hanya dalam satu malam. Butuh banyak malam dan bermalam-malam untuk meraihnya. Gunakan prinsip SEO, tingkatkan rangking mu, ketahui pengunjung mu. Semakin profesional dikau atas apa yang dikau kerjakan, maka semakin besar pula kemungkinan mu untuk melihat kesuksesan mu (itu juga kata si penulis).

Gunakan Software dan Tools Terbaik
Lakukan research, penelitian, atau penyelidikan untuk mencari dan menemukan tool-tool terbaik dan tercanggih yang ada. Jangan pelit, jangan terlalu irit. Cari, temukan, dan gunakan software atau tools terhebat yang bisa kau temukan. Prinsip ini yang dianjurkan oleh si penulis. Dalam mendesign situs misalnya, kan banyak tuh software atau tools yang dibuat khusus untuk merancang dan mendesign situs.
Nah… jangan ingin ambil jalan pintas dan mau seenaknya saja, gunakan software yang terbaik dan tercanggih yang bisa kau temukan dan gunakan, begeto tips yang diberikan oleh si penulis. Gunakan software yang bisa membantu dan mempermudah lo untuk menghasilkan sebuah situs atau blog yang berwawasan SEO.

Panjang Content
Seberapa panjang atau pendekkah sebuah halaman seharusnya? Menjawab teka-teki ini tidak sulit tapi juga tidak semudah yang diperkirakan. Sebuah halaman yang terlalu panjang dan berisi terlalu banyak informasi… konon akan mangakibatkan kebingungan secara masal. Sebaliknya, sebuah halaman yang terlalu pendek, yang hanya berisi sedikit atau bahkan tidak berisi informasi sama sekali, konon akan berakibat kena ejek.
So????… seberapa panjang atau pendekkah sebuah halaman seharusnya? Mungkin butuh latihan dan berbagai percobaan untuk menjawabnya. Uji dan analisa halaman lo, kalo elo merasa bahwa proporsi iklan mengalahkan proporsi content, maka mungkin ada baiknya contentnya lo tambahin dikit, sedekahlah sedikit. Ingat! Jumlah huruf, kata, dan paragraph, sangat diperhatikan oleh para SEO mania.

Design Situs
Design Situs atau blog mu seharusnya difokuskan untuk menonjolkan, mempertegas, memperjelas, menjernihkan dan menginformasikan kepada pengunjung pada informasi mengenai produk, atau jasa, yang dikau tawarkan. Jauhkan gambar-gambar “menonjol, menonjok, menjorok dan seronok ” yang hanya akan berakibat mengalihkan perhatian pengunjung dari tulisan atau content. Content mu seharusnya yang lebih memukau perhatian pengunjung, bukan background. Gunakan warna-warni yang indah namun tidak menyakiti mata, itu tips si penulis.

Kaya Keyword
Implementasiken, tempatken, gunaken, selarasken, keyword ke dalam content mu sebanyak nyang lo bisa. Semakin populer keyword yang lo gunaken, semakin bagus dan lihai cara mu menempatkan dan menyesuaikannya dengan content, maka akan semakin baiklah kesempatan mu di search engine. Ingat juga, adsense menggunaken keyword yang ada di content untuk mencari iklan yang juga menggunaken keyword tersebut.
Semakin populer keyword, berarti semakin besar kemungkinan iklan yang juga akan menggunaken keyword tersebut. Dan itu juga berarti semakin besar pula kemungkinan iklan akan muncul bersama content mu itu. Dan berarti semakin besar pula pengunjung akan melihat iklan itu. Dan berarti semakin besar pula pengunjung tersebut akan mengklik iklan tersebut. Dan berarti semakin besar pula penghasilan mu. Sekali berarti… sudah itu mati, Kerawang-Bekasi, red.

Update Secara Teratur
Menurut pendapat pribadi ane, inilah salah satu faktor yang menjadi jurang pemisah, faktor pembeda, antara yang ngeblog secara pro, dengan yang ngeblog secara non-pro. Faktor keteraturan, regularitas, kesinambungan dari ter-updatenya sebuah blog, adalah faktor yang menjadi indikator, katalisator, promotor, kalkulator, terminator, kontraksitator, distributor, (dan beberapa tor-tor lainnya yang tidak bisa disebutkan disini) yang menunjukkan ke-pro-an si pengelola suatu blog atau situs. Menurut lo?

Penamaan File
Nama file bisanya diambil secara otomatis dari judul dari artikel tersebut. Ini terutama terjadi pada blog-blog gratisan seperti di Blogger atau blogspot ini. Blogger atau Blogspot bisanya akan menyimpan dan memberikan nama file berdasarkan judul yang kita tempatkan di kotak judul sewaktu kita membuat postingan atau artikel. Ingat kata emak, search engine akan menganalisa penamaan file ini dan menilainya. So… si penulis menyarankan untuk ikut menempatkan keyword andalan mu kedalam nama file.

Judul Blog Atau Situs
Banyak blogger yang menggunaken nama-nama keren untuk blog mereka, dan itu sah juga halal. Tapi itu tidak berhubungan langsung dan menjadi faktor penentu dari kesuksesan blog mu (itu kata si penulis lho). Ingat… seorang calon pengunjung tidak akan mengetikkan nama blog mu saat dia sedang mencari suatu informasi di search engine. Contohnya? Misalnya elo punya blog yang menjual produk berupa “pisang”, maka dengan serta merta elo kasih nama blog lo “Monyet Cool.”
Secara logika… saat seorang calon pembeli (yang dalam kasus ini adalah orang yang ingin membeli pisang) ingin mencari penjual pisang di internet… kata apa yang akan dia masukkan kedalam kotak pencarian di Google atau search engine lainnya? Monyet atau Pisang? Judul blog atau deskripsi singkat dari blog atau situs mu seharusnya bisa dengan segera menjelaskan kepada pengunjung mengenai jasa, produk, atau informasi apa yang hendak dikau tawarkan kepada mereka. Itu tips berikutnya yang diberikan oleh si penulis.

Geo Targeting
Ini jika elo punya produk atau jasa yang memang ingin lo tujuken hanya pada pengunjung yang berada pada lokasi-lokasi spesifik atau tertentu saja. Misalnya, elo punya blog yang menjual jasa menawarkan jual-beli mobil, khususnya untuk mereka yang berdomilisi di kota Jakarta dan sekitarnya. Maka penggunaan Geo Targeting ini amat penting digunaken. Namun, however, jika target elo adalah semua bangsa dan negara yang ada di dunia, maka rasanya hal yang satu ini bisa elo relakan saja kepergiannya.
Marketing

Seberapa besar pengaruh marketing ini terhadap besarnya pendapatan yang akan kau dapatkan dari iklan? Ini adalah rumus yang sederhana, itu juga kata-kata dari si penulis. Dengan rajin mempromosikan situs atau blog mu, itu akan memperbesar kemungkinan mu untuk mendapatkan pengunjung. Boleh aje lo punya blog atau situs dengan content, atau produk, atau jasa, yang kualitasnya selangit, tapi kalo lo kaga pernah promosi’in, siape yang bakal tahu kalo ternyata blog atau situs lo itu ade nyawenye di internet?
Dan… kalo ternyata kaga ade orang nyang tau keberadaan blog atawa situs lo diinternet… dan ntu disebabkan karena elo males, ogah, ataupun gengsi untuk promosi’in… ntu artinye darimane orang bakal tau kalo sebenernye elo juga punya blog atau situs dengan kualitas yang nomor wahid? Karne ntu bang… sehebat, sekuat, dan sebagus apepun tulisan, design, atopun isi blog lo, koe masih kudu rajin promosi’in dan perkenalin blog atau situs lo kepade dunie.

0 komentar em “membuat web jadi terkenal”

Poskan Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger