Warung Bebas

Jumat, 21 Januari 2011

nVidia Hybrid SLI GPU




Sebenarnya ini bukan teknologi baru dalam bidang grafis atau gaming saat ini, teknologi yang diberi nama nVidia Hybrid SLI ini pertama dikenalkan pada sekitar 2005.
Prinsip dasar dari teknologi hybrid SLI adalah, menggabungkan kinerja 2 buah GPU(Graphic Processing Unit) yaitu GPU onboard di motherboard(iGPU) dan GPU discrete (add-on).
Ada 2 fitur utama pada teknologi Nvida Hybrid SLI,diantara nya;
 
  


Nvidia Hybrid Power
yaitu teknologi penghematan energi yang dapat diaktifkan jika kita ingin memakai GPU onboard saja,misal untuk keperluan browsing internet atau melihat film standard, atau mendengarkan musik. Dengan mengaktifkan fitur ini kita bisa mematikan komsumsi watt GPU add-on sampai 0%. Fitur ini hanya terdapat di Vista & 7 dengan konfigurasi, mGPU yang utama dan dGPU yang sub,sehingga fitur dapat aktif.









Nvidia Geforce Boost
adalah teknologi dari nvidia yang berfungsi sebagai inti dari Hybrid SLI, menggabungkan kinerja 2 GPU antara mGPU dan dGPU, untuk merendering frame-frame yang berbeda seperti High end game atau HD/Blueray movie, agar kinerja grafis dapat terangkat samapi 40%. Prinsipnya, onboard GPU akan memanggil dan mengaktifkan GPU tambahan agar memproses grafis secara bersama-sama, sehingga beban grafis dari suatu aplikasi dapat dibagi 2 atau lebih. Konsekuensi dari fitur ini adalah pemakaian watt yang besar, jika anda ingin memiliki fitur SLI disarankan memiliki kapasitas PSU sekitar 550watt minimal,untuk menjaga kestabilan sistem dan hardware anda.





Sebagai contoh, saya sendiri menggunakan fitur Hybrid SLI ini pada PC saya yaitu motherboard XFX GeForce 8200. Pada saat memainkan game PES 2011 di Windows 7, tampilan grafisnya saya akui benar-benar realistis dengan directX 10. Tidak ada bottleneck selama bermain.

GeForce 8200 chipset untuk Hybrid SLI kira-kira mempunyai arsitektur seperti ini terlepas dari merk motherboardnya ;






















Saat ini memang Hybrid SLI lebih banyak didukung oleh Processor AMD dikarenakan, Intel masih jarang dan mungkin tidak memakai teknologi ini.
Untuk tipe GPU add-on nya saya sarankan memakai 8400GS atau 8500GT, jika chipsetnya 8200, jika terlalu superior vga eksternalnya, bisa bottleneck atau incompatible bahkan crash di OS.

0 komentar em “nVidia Hybrid SLI GPU”

Poskan Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger