Warung Bebas

Sabtu, 15 Januari 2011

10 Permasalahan Booting Windows XP


Banyak pengguna computer umumnya mengalami masalah booting pada Windows XP. Hal itu sebagian besar disebabkan Windows yang corrupt. Dalam kasus seperti ini, semua tampak normal pada saat computer dinyalakan tetapi pada saat booting Windows tidak berjalan dengan normal. Ada beberapa tahapan dasar untuk mengatasi masalah booting pada Windows. Berikut adalah tahapan-tahapan dasar untuk mengatasi masalah dalam kasus booting Windows XP:

A. Windows Startup Disk

Untuk metode ini sebelumnya kita perlu membuat Windows startup disk. Langkah-langkah untuk membuat Windows startup disk adalah sebagai berikut :

1. Masukan Floppy disk 3½ kemudian Double click pada ikon "My Computer" di Desktop.
2. Click pada ikon 3½ Floppy (A:) cukup sekali click pada ikon tersebut.
3. Kemudian Click “File” yang terdapat pada bagian area tool bar atas.
4. Setelah tampil menu pull down pilih “format”
5. Beri tanda centang pada kotak yang bertuliskan “Create an MS-DOS startup disk” pada bagian bawah layar.
6. Kemudian klik tombol "Start" untuk mulai membuat Startup Disk.
7. Windows akan menampilkan peringatan “Formatting erase all data or your disk”. Klik "OK" untuk melanjutkan.
8. Windows kemudian akan menampilkan indikator progress dari proses tersebut dan tunggu sampai selesai.
9. Saat proses telah indicator progress menunjukkan 100% maka System Startup Disk telah selesai.
10. Klik “OK” pada dialog box yang mengatakan bahwa proses telah selesai.
11. Simpanlah disket tersebut di tempat yang aman.

Masukkan disket Windows startup yang telah kita buat tadi ke dalam floppy drive tekan [Ctrl] [Alt] [Del] secara bersama untuk reboot komputer. Saat kita menggunakan system booting dari Windows startup disk, komputer akan mem-bypass partisi yang aktif dan boot file pada harddisk dan mencoba untuk memulai Windows XP dengan normal.

B. Last Known Good Configuration

Fitur ini memungkinkan anda untuk membatalkan semua perubahan pada registry key yang mungkin menjadi penyebab masalah ini. Last Known Good Configuration untuk mengembalikan semua setting registry key yang terakhir kali digunakan dan berhasil menjalankan windows dengan normal.

C. System Restore

System Restore adalah system recovery total yang akan mengembalikan semua setting ke saat kondisi komputer tersebut berjalan dengan normal. System Restore mengambil "snapshots" dari sistem file dan beberapa program file serta setting registry dan menyimpan semua informasi ini sebagai Restore poin. Kita bisa memilih Restore Poin kepada waktu atau tanggal yang menurut kita computer tersebut tidak mengalami gangguan. System ini akan menghapus semua program yang anda install sesudah waktu restore poin yang kita pilih namun tidak menghapus data apapun yang telah kita simpan.

D. Recovery Console
Recovery Console dapat diakses melalui CD instalasi Windows Hal ini berguna untuk memperbaiki atau mengganti file penting sistem operasi. Bila file-file ini tidak bekerja seperti seharusnya, Windows kadang-kadang tidak dapat startup sama sekali. Dalam kasus ini, anda bisa memulai Recovery Console untuk mengembalikan file-file yang rusak atau hilang tersebut.

E. Memperbaiki Corrupt Boot.INI

Kita dapat memperbaiki ”Boot.ini” yang corrupt menggunakan perintah "bootcfg / rboot". Saat Windows meminta 'OS Load Options', masukkan ' / fastdetect '. Windows akan memeriksa hardware anda dan kemudian akan membuat file “boot.ini” baru sesuai dengan data konfigurasi hardware terakhir.

Dari semua tahapan di atas, sekarang kita mengetahui bahwa sebenarnya masalah booting pada Windows XP dapat kita perbaiki dengan mengetahui langkah-langkah yang tepat. Selamat Mencoba!

0 komentar em “10 Permasalahan Booting Windows XP”

Poskan Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger