Warung Bebas

Minggu, 09 Januari 2011

Tidak bisa login ke Cpanel Webhosting

Cpanel Webhosting adalah control panel dimana webmaster mengelola situs serta file yang tersimpan di server situsnya.

Tentunya membingungkan bila anda seorang webmaster dan tidak bisa masuk ke dalam Cpanel.

Contohnya saya sendiri, awalnya saya mencoba berlangganan Flexinet dengan membeli modem venus + pulsa untuk flexinet (total Rp 600.000 modem + paket unlimited 1 tahun)

Koneksinya sih lumayan lambat ditempat saya (masuk pinggir kota soale :)), tapi hal tersebut nggak terlalu menjadi masalah karena memang tarifnya murah meriah.

Yang jadi masalah kemudian adalah, saya nggak bisa login ke Cpanel untuk mengupdate situs saya ... huaah.. pokoknya bingung deh... setiap kali login mesti ditendang keluar ...

Akhirnya saya mikir ... kenapa? apakah koneksinya nggak stabil? ataukah karena komputer saya yang nggak beres ...

Saya coba surfing di situs - situs lain, ternyata lancar aja ...
Akhirnya saya berkesimpulan, mungkin komputer saya mengandung aplikasi berbahaya alias malware :) atau program mata-mata untuk mengetahui password saya :P (GR bgt ... emang sapa yg kpengen :))

Akhirnya saya fullscan komputer saya pake antivirus + antimalware, eh ... ternyata emang ada unyilnya ...

setelah bersih-bersih ... trus saya coba lagi login ke cpanel, tapi tetap aja nggak bisa ....

hampir saja laptop saya format ulang ...

Sebelum format ulang iseng-iseng saya surfing cari info di forum-forum internet, ternyata baru saya tahu bahwa Flexinet memakai Dynamic IP (IP satu untuk bersama dan berganti-ganti) yang tentu aja Cpanel menolaknya karena cpanel sangat alergi sama IP yg ganti2 :))

Kemudian saya mencari cara merubah IP Dynamic menjadi Static, wah... sulit nyarinya, satu kali dapat ternyata Trial, setelah kupelajari ternyata sistemnya pake proxy, mulai deh berburu proxy yang disupport flexinet, dan akhirnya dapat juga :))
Yaitu ... proxies.telkom.net.id:8080

Dah itu kucoba login... dan ternyata berhasil :D







Tambahan dan Saran :
- Saya menggunakan Browser Mozilla, saya coba pakai Opera nggak bisa, dan belum mencoba pakai browser lain
- Bagi sobat yg menggunakan ISP lain dan mengalami nasib serupa, cara penyelesaian utk masalah Dynamic IP mungkin sama seperti di atas, silahkan cari aja open proxy gratisan, tapi saya nggak menjamin lho ya ... :)
- Bagi sobat yang merasa koneksi internetnya memakai dynamic IP, sebaiknya hindari login ke PayPal atau Adsense, karena IP publik biasanya berakibat buruk pada akun anda

Akhir kata ...
Semoga Bermanfaat ...

0 komentar em “Tidak bisa login ke Cpanel Webhosting”

Posting Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger