Warung Bebas

Selasa, 11 Januari 2011

Tips Mempercepat Akses Internet dengan OPEN DNS

tips berikut ini bisa dicoba untuk mempercepat koneksi internet dan mempercepat waktu loading halaman web dari browser kita, dengan cara mengubah setting DNS koneksi internet kita. Aku dapet info awalnya dari sebuah forum, dan setelah aku coba hasil speed test nya lumayan juga. Btw, selain speed sebenarnya mengubah setting DNS ini juga membuat koneksi internet lebih secure dan reliable….gitu katanya.
Berikut ini hasil speed test ketika pakai DNS default milik Indosat IM2 :


Dan ini hasil speed test setelah setting DNS aku ganti :

Lumayan ada peningkatan download speed dan upload speed-nya.
Buat yang belum tau apa itu DNS (Domain Name Server), mungkin penjelasan kasarnya sbb : tiap komputer yang konek ke internet punya identifikasi/alamat yang disebut nomor IP. Misal, IP-nya Google adalah 208.67.219.231. Nomor-nomor IP ini berupa deretan angka yang tentunya susah buat dihapal, contohnya, lebih gampang bagi kita buat menghapal bahwa kalo mau buka Google cukup ketik nama aliasnya yang www.google.com di browser daripada harus hapalin alamat aslinya yang 208.67.219.231 itu.
Lalu bagaimana prosesnya tahu nama alias xxx itu mengarah ke alamat IP yang mana?
Untuk menterjemahkan nama alias menjadi alamat IP yang dituju itulah gunanya server DNS. DNS ini berisi database yang menyimpan data nomor-nomor IP beserta asosiasi nama aliasnya. Jadi kita cukup melakukan setting untuk mengarahkan koneksi internet kita ke server DNS. Lalu kalau kita mengetikan nama alias www.google.com di browser, maka DNS server yang akan mencari nomor IP yang dimaksud.
Kalau DNS servernya telmi (telat mikir), ya browser kita pasti ikutan bolot juga.
Setting DNS bisa dilihat dari menu Start – Control Panel – Network Connection, lalu pilih koneksi internet kita dan buka properties-nya. Pilih Tab “Networking”, pilih internet protocol (tcp/ip) lalu klik tombol Properties.

Ok. Langsung saja kita coba ganti DNS nya. Kalau defaultnya DNS punya Indosat M2 biasanya ke nomor IP 202.155.0.10 untuk prefered dan 202.155.0.15 untuk alternate DNS. Dari pada nyolong-pinjam DNS orang lain yang mungkin suatu saat diblok, kita akan ganti pakai Open DNS (DNS public yang legal buat dipakai bebas) yang berikut ini :
  • Preferred DNS server: 208.67.222.222
  • Alternate DNS server: 208.67.220.220
Dan sebenarnya kalau cuma pengen sekedar pakai OpenDNS bisa tanpa daftar dulu dan gratis. Tapi kalau memang mau pakai fitur selengkapnya disarankan daftar juga di www.OpenDNS.com gratis. Sebab seperti dinyatakan di halaman buat create account di www.OpenDNS.com : “You could use OpenDNS without an account, but it’d be like having a Porsche stuck in first gear.” Pilihan ada di Anda sendiri.
Use  OpenDNS
Silahkan di coba. Untuk cara setting DNS di komputer bisa juga lihat di sini.
Gimana? Apakah ada kemajuan speed, selain lebih secure?
Tambahan buat yang coba-coba, bisa dicoba pakai Google DNS:
Primary: 8.8.8.8
Secondary: 8.8.4.4

0 komentar em “Tips Mempercepat Akses Internet dengan OPEN DNS”

Poskan Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger