Warung Bebas

Kamis, 30 Desember 2010

Memantau status koneksi internet dengan NetSNSOR


Ada kalanya saat melakukan proses download tiba-tiba prosesnya berhenti dan tidak berjalan lagi tanpa kita sadari, karena kita melakukan pekerjaan lain sambil menunggu proses download selesai. Penyebab dari keadaan itu kadang hanya dikarenakan masalah sepele, yaitu koneksi internet yang terputus.


Jika temen-temen pernah mengalami pengalaman seperti di atas, berikut ada sebuah solusi berupa software yang akan membantu kita memantau koneksi internet kita dan memberitahu kita jika koneksi internet kita jika koneksi internet terputus melalui suara.
Software tersebut adalah NetSNSOR, cara kerja NetSNSOR ini cukup sederhana, yaitu secara berkala melakukan cek status koneksi internet kita, jika koneksi internet terputus maka NetSNSOR otomatis akan memainkan file berekstensi .wav yang telah kita tentukan sebelumnya. Jadi jika mendengar suara tersebut berarti koneksi internet kita terputus, selanjutnya kita bisa melakukan redial koneksi internet kita secara manual, kecuali jika kita menggunakan tool auto dial seperti Connection Keeper misalnya.


Berikut informasi singkat tentang NetSNSOR. Sebelum menjalankan program ini, kita melakukan editing dulu pada file NetStart.bat yang ada dalam program NetSNSOR ini, dengan mengklik kanan file NetStart.bat kemudian pilih Edit (menggunakan Notepad).




Selanjutnya kita lihat pada baris ke 4, kita ganti ConnectionName, Username, dan Password sesuai dengan nama koneksi internet yang kita pakai beserta username dan passwordnya. Dalam contoh, nama koneksi internet saya Smart Telecom, username dan password smart.



Save file tersebut dan jalankan file NetStart.bat, kemudian tekan sembarang tombol untuk melanjutkan (pada panel window dos command).



Sekarang kita bisa menjalankan program NetSNSOR.exe dan masuk ke tab menu Enter Details untuk menentukan file .wav yang akan dimainkan saat koneksi internet kita terputus pada bagian Enter WAV file to play. Sedangkan interval waktu pengecekan status koneksi internet kita tentukan pada bagian Enter interval to check (in minutes), satuan waktu yang digunakan adalah menit, jadi jika kita isi 10, berarti setiap 10 menit sekali NetSNSOR akan mencek koneksi internet kita.

Jika sudah, sekarang kita tinggal mengaktifkan NetSNSOR dengan mengklik Start/Stop pada tab menu Status.



Sampai di sini proses setup NetSNSOR sudah selesai, dan tugas untuk memonitor status koneksi internet sudah kita serahkan kepada NetSNSOR, dan kita bisa melanjutkan pekerjaan lain.
Itu tadi informasi singkat tentang cara memonitor status koneksi internet kita, semoga bermanfaat.
NetSNSOR dapat didownload gratis di
.

0 komentar em “Memantau status koneksi internet dengan NetSNSOR”

Poskan Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger