Warung Bebas

Rabu, 29 Desember 2010

Mempercepat proses loading program dan aplikasi Windows dengan Prefetcher Fix


Pernahkan temen-temen merasakan saat membuka program dan aplikasi Windows dalam komputer terasa lambat atau lebih lama dibandingkan dulu saat komputer kita masih baru, atau minimal setelah kita menginstall Windows? Mengapa bisa demikian?

Windows memiliki fitur Prefetching, fitur Prefetching ini berfungsi untuk mengoptimalkan proses loading program dan aplikasi lain dalam Windows dan meningkatkan kecepatan loading Windows itu sendiri. Secara default (standar) fitur Prefetching telah terkonfigurasi secara optimal. Konfigurasi yang sudah optimal ini sendiri akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu dan proses tweaking atau modifikasi registry yang kita lakukan sendiri atau proses tweaking otomatis yang dilakukan secara online. Proses tweaking ini bisa jadi malah membuat fitur Prefetching berjalan tidak sempurna (tidak optimal lagi), dan akhirnya membuat proses loading program dan aplikasi dalam Windows menjadi makin lambat.

Melihat permasalahan di atas, maka solusi untuk mengembalikan kecepatan proses loading program dan aplikasi adalah dengan memperbaiki atau mengembalikan konfigurasi dari fitur Prefetching. Cara mudah untuk mengembalikan konfigurasi Prefetching ini adalah memanfaatkan Prefetcher Fix. Fungsi utama dari Prefecther Fix ini sendiri adalah memperbaiki system registry dari Prefetching sehingga fitur Prefetching bisa berjalan optimal lagi.

Penggunaan Prefetcher Fix ini sangat mudah, kita tinggal menjalankan file Prefetcher Fix.reg kemudian restart komputer.
Selanjutnya bisa kita lihat pada folder C:\WINDOWS\Prefetch. Di dalam folder tersebut berisi file-file program dan aplikasi yang kita jalankan setelah kita mengkonfigurasi Prefetching, biarkan file-file tersebut, tidak perlu dihapus dan jangan nonaktifkan fitur Prefetching dari Windows ini. Selain file-file program dan aplikasi yang kita jalankan, dalam folder ini juga terdapat file layout.ini yang berfungsi membersihkan file-file dalam folder Prefetch secara otomatis jika jumlah file mencapai 128 entri dan meninggalkan 32 software dan aplikasi yang paling sering digunakan, demikian seterusnya. Kita tidak perlu mengubah-ubah isi dari folder Prefetch ini, biarkan sistem Prefetching yang melakukan maintenance secara otomatis.
Demikian temen-temen tips singkat seputar Prefetching ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Program Prefetcher Fix ini sendiri bisa didownload di
.

0 komentar em “Mempercepat proses loading program dan aplikasi Windows dengan Prefetcher Fix”

Poskan Komentar

 

Download Serba Gratis Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger